"XC NUANSA DANAU” RUTE BERSEPEDA MTB KAWASAN BOGOR BARAT PART IX


foto.1 single track menuju tepian situ ex galian di belakang komplek Puspitek

Kawasan selatan Jakarta yang merupakan daerah resapan air terutama di kawasan Depok & Bogor, di kawasan ini banyak terdapat situ yang bukan merupakan sebuah danau besar .Situ yamg terdapat di sana terbentuk secara alami maupun buatan yang berfungsi utama sebagai pengendali aliran air dan sebagai penampungan air sebelum di salurkan kembali ke kawasan lainnya.




foto.2 lintasan offroad di tepian situ Iwul

Ada beberapa setu yang telah di perbaiki berkat program konsevasi setu dan yang masih terbentuk alami. Meskipun hanya merupakan sebuah danau penampungan air, cukup menyenangkan untuk di jadikan tujuan maupun sekedar melintasinya saat bersepeda cross country, pemandangannya meskipun bukan pemandangan yang sangat indah,tetaplah menyejukan mata saat melintasinya, dengan memandang riak-riak air dan tidak deras, rimbunnya pepohonan di sekitarnya membuat teduh saat bersepeda di bawahnya. Terkadang terlihat aktifitas masyarakat sekitar dengan usaha perikanan keramba, dan aktifitas warga sedang mengisi waktu luang dengan memancing ikan.


foto.3 single track tepian situ di kawasan serua Bulak 


Dalam tulisan kali ini akan menginfokan beberapa rute bersepeda cross country ke beberapa situ di kawasan bogor barat baik sebagai tujuan maupun sekedar untuk melintasinya. Lintasan yang di lalui bernuansa croos country yang kental dengan menghindari jalan raya yang ramai kendaraan, melintasi jalan-jalan di perkampungan, perkebunan, padang ilalang dan persawahan, karakter offroad dan on road perkampungan akan di lintasi dengan medan yang relative flat pada kawasan ini.



foto.4 Pintu air di bendungan situ Masnyono


Untuk titik start dan finish berlokasi di pamulang selatan tepatnya di pertigaan jl H.Nawi malik guna mengakomodir goweser dari arah pamulang,ciputat,BSD maupun dari arah pondok cabe. Silahkan juga untuk mengkombinasikan rutenya dari arah titik start maupun finish dari lokasi goweser memulai perjalanan.



foto.5 warung nasi uduk di bawah rindang pepohonan di tepian sawah di kawasan Iwul



Berikut rute bernuansa danau di kawasan Bogor Barat :

1. Rute XC 7 situ/danau Bogor Barat






foto.6 tepian situ Bojongsari


Rute 7 setu lintasan cross country yang melintasi 7 situ di kawasan bogor barat antara lain; situ Masnyono,situ Iwul; situ Cilala; situ Lengkong Barang; situ Lebak Wangi; situ Pengasinan dan situ Bojong sari. Untuk kuliner khas ada di beberpa lokasi seperti nasi uduk kayu bakar di iwul, pecak mpok yati atau sop bang be’eng, dengan lokasi saat menjelang finish.





Powered by Wikiloc

2. Rute XC 15 situ/danau di Bogor Barat





foto.7 tepian situ Cilala


Rute XC 15 setu lintasan cross country yang melintasi 15 situ di kawasan bogor barat antara lain; situ Masnyono,situ Ngumpet (no name); situ Taman Sari; situ Cogrek; situ Jeletreng; situ Malang Nengah; situ Iwul; situ Cilala; situ Kemang; situ Tonjong; situ Lengkong Barang; situ Lebak Wangi; situ kedaung; situ Pengasinan dan situ Bojong sari. Lintasan yang lumayan panjang dan membutuhkan waktu tempuh setengah hari lebih bila start paling lambat jam 7.00 dangan ritme gowes normal.





Powered by Wikiloc

3. Rute XC Situ Probo/Situ Tamansari







foto.8 Tepian situ Probo


Situ probo/Situ Tamansari sangat menarik untuk di kunjungi apalagi dengan bersepeda cross country,karena masih cukup asri dengan pemandangan sekitarnya yang mendukung. Situ ini dikelilingi oleh kebun karet, hutan bamboo dan lading penduduk sekitar, dengan suasana yang tenang sehingga suasananya seakan berada jauh di pedalaman, jauh dari berisiknya hingar binger kota, untuk jarak padahal sangat dekat dari BSD sekitar 8km saja.




foto.9 Sawah yang siap panen di tepian sisi belakang situ Probo


Situ Probo/Situ Tamansari mempunyai luas 2,5 sd 5 Ha, dengan permukaan situ tertutupi oleh ganggang dan eceng gondok pada saat tertentu, namun tidak mengganggu akan kecantikan situ ini. Dengan belum adanya pengelolaan dari dinas terkait akan situ ini membuat nuansa yg di dapat sangat alami sekali saat melintasi. Dan belum ada sama sekali fasilitas yang mendukung bagi pengunjung untuk berwisata, hanya kadang tampak banyak aktifitas oleh penghobby mancing ikan di tepian situ, apalagi bila saat hari libur.





foto.10 persawahan di tepian situ Probo lewat jalur belakang



Rute XC menuju Situ probo menarik untuk di lintasi dengan suasana sungai Cisadane dengan menyeberangi di kawasan kampong nawing menggunakan rakit saat berangkat dan melipir tepian sungai cisadane saat rute pulang sebelum memasuki kawasan Gunung Sindur.



foto.11 Tepian sungai Cisadane saat rute pulang dari situ Probo




Powered by Wikiloc

4. Rute XC danau-danau di Cisauk & Suradita



Kawasan Cisauk memang sudah masuk di wilayah tangerang namun Rute untuk menuju kawasan ini dominan di wilayah Bogor Barat. Dikawasan Cisauk banyak terdapat danau buatan bekas penggalian pasir untuk pembangunan di Jakarta dan sekitarnya yang aktifitas penggaliannya sudah berhenti pada saat ini.



foto.12 Tepian salah satu situ dikawasan Suradita

Setelah ditinggalkan air menjadi menggenang sangat banyak hingga menjadi danau yang jarak antara satu sama lainnya saling berdekatan. Dengan kurun waktu yang lama ekosistem di seputaran danau terbentuk menjadi ladang warga,perkebunan kayu keras dan tumbuh secara alami menjadi rimbunya pepohonan maupun padang ilalang.



foto.13 Tepian salah satu situ dikawasan Suradita

Dengan kondisi seperti di atas sangat menarik untuk di lintasi dengan besepeda cross country dengan menghampiri beberapa danau dari banyak danau di kawasan Cisauk Suradhita, apalagi dengan karakter lintasan banyak yg masih alami sperti jalan-jalan di tengah perkampungan maupun,single track di tepian danau.


foto.14 Lokasi track danau Jabon tepat di sisi danau

Yang lebih menarik lagi di danau terakhir yg di lintasi telah dibuat trek crosscountry dengan nama trek Danau Jabon, dan terdapat warung untuk istirahat dengan suasana yang asri ,apabila masih cukup tenaga bisa melintasi trek danau jabon sebelum lanjut arah pulang.



foto.14 lintasan mangkok di track danau Jabon 

Nuansa sungai Cisadane didapat dengan menyeberangi di kawasan kampong nawing menggunakan rakit saat rute sebelum memasuki kawasan Cisauk. Untuk kuliner yg di dapat bisa mampir di sop Haji Nunung saat rute berangkat dan pulang bisa mampir di Saung ikan Cere tepian cisadane


foto.8 Lintasan di antara dua situ ex galian di kawasan Suradita


Powered by Wikiloc

Dalam tulisan ini sekedar memberi informasi singkat mengenai lintasan bernuansa danau di bogor barat untuk detailnya dan lebih banyak foto akan di tulis dalam tulisan tersendiri dan masih ada beberapa rute dengan tujuan atau sekedar melintasi danau yg akan di update kembali.

Comments

Popular posts from this blog

Rute MTB kawasan Bogor Barat Part I

"PESONA CISADANE” RUTE BERSEPEDA MTB KAWASAN BOGOR BARAT PART XI

"CIRANGSAD PLATEAU ANTI MAINSTREAM TRACK” RUTE BERSEPEDA MTB KAWASAN BOGOR BARAT PART VIII

"...ADA GOA??...” RUTE BERSEPEDA MTB KAWASAN BOGOR BARAT PART X

"EPISODE GOBANG " RUTE BERSEPEDA MTB KAWASAN BOGOR BARAT PART V

“EPISODE CURUG DENDENG” RUTE BERSEPEDA MTB KAWASAN BOGOR BARAT PART VII

GUNUNG PINANG BIKIN MERIANG#TRACK DH0-DH1-DH2-DH RUMPUT#KILAS BALIK GOBAR eFeR 03.09.16

X-COUNTRY WISATA SISI UTARA TAMAN NASIONAL GUNUNG CIREMAI

"EPISODE XC GUNUNG MUNARA " RUTE XC MTB KAWASAN BOGOR BARAT PART IV