"CIRANGSAD PLATEAU ANTI MAINSTREAM TRACK” RUTE BERSEPEDA MTB KAWASAN BOGOR BARAT PART VIII



Berawal dari rasa penasaran saat memantau via google earth di area selatan perbukitan rumpin terdapat area dataran tinggi dengan landscape perkebunan teh,hutan,persawahan dan perkampungan di sekitarnya.



video perjalanan


Karakteristik dataran tinggi cirangsad sendiri seperti atas meja (table top),yang bersisian langsung dengan punggungan bukit yg terjal ini dapat terlihat bila kita berada di tepian perkebunan teh & zoom in pada google earth.



Foto-1 melintasi hutan di punggungan bukit antara dusun Cimanceri dengan desa Cilangkap


Dengan ketinggian lebih kurang 700mdpl data. Dataran tinggi Cirangsad ini masuk dalam wilayah kecamatan Cigudeg berbatasan disisi selatan dengan kecamatan Loewiliang dan di utara Kecamatan Rumpin,Posisi tepat berada di barat daya perbukitan bogor barat,yang sampai saat ini belum dapat info mengenai nama perbukitan ini.



Foto-2 Area terbuka ex pembukaan lahan sebegai penanda masuk ke kawasan dataran tinggi Cirangsad


Dengan di latar belakangi Gunung Garu,Gunung Tela & gunung Cibugis (dari ketinggiannya bukit ini disebut gunung oleh masyarakat setempat),dan latar depan terbentang lembah yang luas dan berhadapan langsung dengan Taman Nasional Halimun Salak di kejauhan.




Foto-3 lintasan menanjak selepas desa Cijambe ke arah dusun Cimanceri di puncak bukit

Perkebunan teh Cirangsad sebagai salah satu spot menarik di dataran tinggi ini mempunyai luas 300 hektar lebih yang berada di dua desa Banyuresmi dan Banyuwangi Kecamatan Cigudeg, menghampar pohon teh yang menghijau berderet rapi di tambah dengan sejuknya udara pegunungan yang masih asri dengan suasana yang tenang Serasa hidup di alam pedesaan yang masih asli jauh dari hiruk pikuk perkotaan.



Foto-4 Salah satu spot indah di tepian perkebunan teh Cirangsad yang sering di kunjungi wisatawan

Dengan pemandangan yang tidak kalah bagus dengan kawasan Puncak,tidak begitu macet,dengan biaya yang terjangkau dana murah layak untuk dikunjungi,namun dengan minimnya informasi dan prasarana yang belum tertata hanya segelintir pengunjung yang datang untuk menikmati nuansanya.




Foto-5 Danau di tengah perkebunan teh Cirangsad


Akses utama ke dataran tinggi Cirangsad dari sisi selatan tepatnya melalui jalan raya Loewiliang-Cigudes-Jasinga, tepatnya selepas pertigaan Nanggung di kawasan perkebunan kelapa sawit terdapat pertigaan masuk sisi kanan (pertigaan arah Wates) melintasi perkebunan kelapa sawit terus sampai ke atas dengan jalan aspal mulus dan tanjakan yang lumayan terjal akan membawa ke dataran tinggi Cirangsad yang di tandai dengan adanya perkebunan teh.




Foto-6 Melintasi sawah terasing dari kampung Sukajadi ke arah kampung Citempuan, denhan melintasi hutan pinus yg melatar belakangi foto di atas

Kembali keawal tujuan dari tulisan ini untuk menginfokan rute bersepeda khususnya menuju kawasan dataran tinggi Cirangsad. Ada dua rute yang dapat di lintasi ke Cirangsad yang di explore oleh team, kedua rute mengambil awalan start dan finish dari arah utara perbukitan tepatnya dari Nyuncung kecamatan rumpin dengan lintasan dari bukit-kebukit dan muncul dari arah belakang perkebunan teh.



Foto-7 Pintu masuk perkebunan teh Cirangsad

Untuk perkebunan teh Cirangsad sendiri bukan tujuan utama dalam lintasan ini, namun nuansa perjalanan dengan bersepeda saat melintasi rute yang telah di rencanakan dengan menikmati suasana pedesaan,rimbunnya jalur hutan,sekaligus mengobati rasa penasaran dengan apa yang ada di sepanjang lintasan.


Foto-8 melintasi hutan pinis dari kampung Sukajadi ke arah kampung Citempuan, setelah melintasi persawahan terasering

Kedua rute diatas terpisah di kawasan perkebunan teh,untuk rute pertama dari perkebunan teh langsung turun mengaspal ke arah jalan raya Cigudeg-Loewiliang turun mengaspal sampai dengan pasar loewiliang, ambil arah kharekhel,Gobang lanjut ke titik finish di nyuncung,rute balik dominan onroad.



Foto-9 melintasi singletrack dengan elevasi turunan panjang di tengah hutan,jalur ini sebagai jalur pintas penduduk dari kampung Gunung Peutey Kaler ke kampung Kawung Luwuk Pangangkang

Untuk rute kedua dari perkebunan teh lanjut kejalur cross country/blusukan, dengan melipir tepian dataran tinggi melintasi perkampungan-perkampungan di perbukitan,persawahan,hutan dan ladang. Banyak karakter lintasan yang di dapat dari XC sampai dengan all mountain ketika melintasinya,dengan elevasi rolling dominan lintasan turunan.


Foto-10 melintasi tanjakan selepas kampung Gunung Peutey Kaler  sebelum masuk ke lintasan singletrack yang mengarah ke kampung Kawung Luwuk Pangangkang

Kedua rute di atas sebelum mencapai perkebunan dataran tinggi Cirangsad selepas Nyuncung mengambil arah desa Cijambe lanjut mendaki ke arah dusun Cimanceri lanjut desa Cilangkap sampai dengan pertigaan arah Pangleseran, pertigaan Pangleseran ini merupakan titik terjauh pernah di capai saat bersepeda dan mengundang rasa penasaran melihat salah satu jalan di pertigaan tersebut mengarah kemana. Rasa penasaran tersebut terjawab setelah mencapai dataran tinggi Cirangsad.


Foto-11 warung selepas pertigaan kearah pangleseran ,lokasi istirahat,shalat dan makan siang sebelum lanjut ke ke kawasan Cirangsad,diharapkan sampai di lokasi ini sebelum jam 12.00 menu yang tersedia mie instan

Dengan minim info dan jarangnya goweser MTB yang pernah melintasi kawasan ini sehingga rute ini lain dari pada yang lain “anti mainstream”, dengan level yang moderate,jarak tempuh yang medium dan waktu perjalanan dapat di laksanakan dalam satu hari penuh, start jam 7.00 dari Nyuncung finish jam 17.00 saat tiba kembali di kawasan Nyuncung,waktu bisa lebih cepat bila memakai rute yang pertama.


Foto-12 Aktifitas pemetik teh di perkebunan teh Cirangsad yang menghasilkan varietas teh hijau untuk di eksport


Di harapkan sekali untuk mempersiapkan fisik goweser dan kondisi sepeda semaksimal mungkin di karenakan rute evakuasi yang sulit . Untuk kuliner yang tersedia di lintasan hanya warung-warung kecil yang tersedia hanya mie instan terutama di kawasan atas perbukitan,dan bawa snack untuk cemilan saat di perjalanan. Silahkan kombinasikan dengan rute tempat goweser berdomisili dengan rute yang ada. Salam gowes !!



Foto-13 Pertigaan selepas kampung Kawung Luwuk Pangangkang sebelum turun mengaspal ke arah Gobang .





MERAH CIRANGSAD PLATEAU RUTE-1

BIRU CIRANGSAD PLATEAU RUTE-2



Berikut rute Cirangsad + GPX  :



1. CIRANGSAD PLATEAU RUTE-1




Foto-14 Jembatan Kharikil yang melintasi sungai Cisadane saat mengaspal dari Loewiliang ke arah Gobang


Powered by Wikiloc


CIRANGSAD PLATEAU RUTE-1

2. CIRANGSAD PLATEAU RUTE-2



Foto-16 Persawahan terasering di kampung sukajadi dengan pemandangannya yang indah dari ketinggian



Powered by Wikiloc

CIRANGSAD PLATEAU RUTE-2








Comments

Popular posts from this blog

Rute MTB kawasan Bogor Barat Part I

"PESONA CISADANE” RUTE BERSEPEDA MTB KAWASAN BOGOR BARAT PART XI

"...ADA GOA??...” RUTE BERSEPEDA MTB KAWASAN BOGOR BARAT PART X

"XC NUANSA DANAU” RUTE BERSEPEDA MTB KAWASAN BOGOR BARAT PART IX

"EPISODE GOBANG " RUTE BERSEPEDA MTB KAWASAN BOGOR BARAT PART V

“EPISODE CURUG DENDENG” RUTE BERSEPEDA MTB KAWASAN BOGOR BARAT PART VII

GUNUNG PINANG BIKIN MERIANG#TRACK DH0-DH1-DH2-DH RUMPUT#KILAS BALIK GOBAR eFeR 03.09.16

X-COUNTRY WISATA SISI UTARA TAMAN NASIONAL GUNUNG CIREMAI

"EPISODE XC GUNUNG MUNARA " RUTE XC MTB KAWASAN BOGOR BARAT PART IV