"EPISODE GOBANG " RUTE BERSEPEDA MTB KAWASAN BOGOR BARAT PART V





Foto-1 nuansa alam yang menyambut saat memasuki lintasan Gobang
 VIDEO TRIP

Menikmati alam yang masih asri tanpa terputus, senantiasa menjadi keinginan bagi penggemar sepeda gunung, selain jalurnya yang menarik, pemandangan alam yang memukau, udara sejuk ,dan bagi pecinta lingkungan, pesona kehidupan pedesaan ,satwa dan flora akan menjadi daya tarik tersendiri untuk menjelajahinya. 



Foto-2 team penyambutan saat memasuki kawasan perkampungan bisa siapkan permen untuk sekedar berbagi untuk mereka

Kembali untuk menyambung penulisan untuk rute-rute bersepeda MTB di kawasan bogor barat ke-5 ini di khususkan membahas rute legendaris nan klasik, track Gobang, yang berlokasi di kawasan perbukitan rumpin bogor. 



Foto-3 karakter lintasan saat menuruni perbukitan dari desa cijantur

Gobang sendiri merupakan nama desa yang di lintasi saat turun dari kawasan perbukitan yang terletak di belakangnya. Rutenya merupakan lintasan natural yang melewati antar perkampungan ,kebun dan hutan. Karakter lintasan yang komplet dapat dirasakan saat menjelajahi rute ini dari lintasan uphiil dari yang ringan sampai dengan yang kejam, lintasan downhill (bukan yg lulumpatan) yang lumayan panjang saat menuruni perbukitan dan on road rolling, dengan lintasan dominan offroad & jalan belum jadi. 




Foto-4 Curug rahong bisa sebagai rest area pertama

Ada beberapa rute yang bisa dipilih menurut jarak & medan yang dilintasinya, semua rute start dan finish di kawasan nyuncung jangan lupa untuk mampir di curug rahong sebelum desa cijambe sebagai rest area pertama. Rute silahkan di kombinasikan rutenya untuk menjelajahi rutenya bila start dari wilayah lain. 




Map perbandingan jarak  lintasan rute gobang :
1. Biru Rute Gobang via Dusun Handiwung 14,7km 
2. Hijau Rute Gobang via Dusun Cijantur 22,9km 
3. Merah Rute Gobang via Desa Cilangkap/Penunggangan 28km 

beberapa rute dari yang terpendek sampai dengan yang terpanjang : 

1. Rute Gobang via Dusun Handiwung 14,7km 



Foto-5 Lintasan sebelum memasuki dusun Handiwung

rute sepedaan mtb terpendek kawasan gobang dari desa cijambe lanjut mendaki bukit ke arah dusun handiwung di puncak bukit & menuruni bukit balik ke arah nyuncung


Powered by Wikiloc

2. Rute Gobang via Dusun Cijantur 22,9km 


Foto-6 Awal memasuki single track dari dusun Cijantur untuk menuruni bukit ke arah Desa Gobang

rute sepedaan mtb dengan jarak yang sedang kawasan gobang dari desa cijambe lanjut mendaki bukit ke arah dusun cijantur di puncak bukit di puncak bukit lanjut menuruni bukit jalur single track ke arah kampung Kukuk/sumpung & menuruni bukit ke arah desa Gobang balik ke arah nyuncung.


Powered by Wikiloc

3. Rute Gobang via Desa Cilangkap/Penunggangan 28km 



Foto-7 jalur pintas  dari desa Cilangkap ke arah dusun Cijantur dengan lintasan menurun karakter AM yang melewati hutan.

rute sepedaan mtb terpanjang kawasan gobang dari desa cijambe lanjut mendaki bukit ke arah dusun cimanceri di puncak bukit lanjut ke arah desa Cilankap/enunggangan lanjut kampung cijantur & menuruni bukit ke arah desa Gobang via kampung kukuk/Sumpung balik ke arah nyuncung.




saat turun mencapai desa gobang untuk menuju nyuncung ada dua rute yg bisa di pilih satu melintasi on road dengan elevasi dominan rata melewati perkampungan & perkebunan karet, dan rute blusukan melipir kaki bukit dengan elevasi rolling ,melintasi jalan perkampungan,kebun dan pesawahan. keduanya dengan nuansa perjalanan yg sangat berbeda.

Untuk tulisan ke-5 ini memberi sedikit gambaran rute kawasan Gobang & menginfokan link map yang bisa di unduh file GPX nya dan silahkan di kombinasikan rutenya dari titik start maupun finishnya, untuk info lebih detailnya untuk masing-masing rute akan di buat tulisan tersendiri yang berisikan review tentang kondisi rute tersebut,serta masih banyak rute-rute lagi di kawsan perbukitan ini yang akan di infokan di penulisan selanjutnya. nara sumber dari penulis. 

Comments

Popular posts from this blog

Rute MTB kawasan Bogor Barat Part I

"PESONA CISADANE” RUTE BERSEPEDA MTB KAWASAN BOGOR BARAT PART XI

"CIRANGSAD PLATEAU ANTI MAINSTREAM TRACK” RUTE BERSEPEDA MTB KAWASAN BOGOR BARAT PART VIII

"...ADA GOA??...” RUTE BERSEPEDA MTB KAWASAN BOGOR BARAT PART X

"XC NUANSA DANAU” RUTE BERSEPEDA MTB KAWASAN BOGOR BARAT PART IX

“EPISODE CURUG DENDENG” RUTE BERSEPEDA MTB KAWASAN BOGOR BARAT PART VII

GUNUNG PINANG BIKIN MERIANG#TRACK DH0-DH1-DH2-DH RUMPUT#KILAS BALIK GOBAR eFeR 03.09.16

X-COUNTRY WISATA SISI UTARA TAMAN NASIONAL GUNUNG CIREMAI

"EPISODE XC GUNUNG MUNARA " RUTE XC MTB KAWASAN BOGOR BARAT PART IV