Rute MTB kawasan Bogor Barat Part I


Foto.1 Pesawahan di Banyu Resmi Cigudeg



Foto.2 Peta sebagian lintasan MTB di kawasan Bogor Barat

Rute bersepeda MTB kawasan 

Bogor Barat Part I

Daerah kabupaten bogor dengan alamnya yg masih alami dan bentang alamnya yang bervariasi, banyak terdapat rute atau track untuk bermain sepeda khususnya sepeda gunung baik telah di kelola secara resmi atau berupa lintasan rute yg telah di explorasi oleh komunitas goweser pendahulu.



Foto.3 Lintasan menurun dari desa cijantur sampai dengan desa gobang

Dengan bentang alam yg bervariasi di bogor terdapat beberapa tempat untuk bermain MTB dengan variasi genrenya XC,AM dan DH,merangkum semua pecinta lintasan tanjakan maupun pecinta lintasan turunan. seperti; daerah bogor timur dengan kawasan sentul,puncak, kawasan bogor selatan dengan kawasan taman nasional gunung halimun gunung salak (TNGH),kawasan cianten dan lembah salak,kawasan bogor barat gunung sindur,sawangan,ciseeng,parung gunung bubut, kawasan perbukitan rumpin,cidokom & loewisadeng.



Foto.4 Lembah di kaki gunung Mahal

untuk tulisan pertama ini secara umum akan menginformasikan salah satu alternatif kawasan bersepeda MTB di kawasan bogor barat Kawasan bogor barat yang penulis kategorikan terbagi dari 2 kawasan yang terbelah oleh bantaran sungai cisadane, antara lain kawasan sisi timur sungai Cisadane & kawasan sisi barat sungai Cisadane.


Foto.5 Lintasan di punggungan bukit antara desa Cimanceri sampai dengan Penanggungan

Untuk kawasan sisi barat sungai cisadane yang berupa gugusan perbukitan yang berbentuk lingkaran tidak sempurna,tepatnya di kawasan perbukitan yg terbagi dalam beberapa wilayah sisi utara masuk dalam kawasan rumpin,sisi barat gobang,sisi selatan karekhel dan loewisadeng,sisi barat masuk wilayah cigudeg jasinga.



Foto.6 Penyebrangan rakit sungai cisadane di antara gunung sindur dengan desa Anamui

Perbukitan di kawasan ini mempunyai karakter cukup berbeda di tinjau dari letak geografis , pada sisi utara terdapat beberapa kawasan pertambangan batu & pasir untuk kebutuhan pabrik semen maupun pembangunan menjadikan suasana perbukitan tidak begitu alami lagi dan banyak truk hilir pengangkut hasil tambang melintas apabila pesepeda melintas onroad di jalanan kawasan utara perbukitan. Sedangkan pada sisi selatan sangat berbeda jauh, suasana yang di dapat di sisi ini perbukitan & nuansa pedesaan yang masih asri masih terjaga dengan hutan yang cukup terjaga, aktifitas besawah & berladang yang masih di jumpai, sungai yang masih jernih menambah nikmatnya bersepeda di kawasan ini, dan masih terdapat pengolahan biji emas di beberapa desa yg di lintasi karena kawasan perbukitan ini dari dahulu dikenal dengan pertambangan emas tradisionalnya.



Foto.7 Hutan bambu di kawasan cibeutung muara


Foto.8 Perkebunan karet kharikhil

Kawasan ini mungkin belum terlalu dikenal oleh para penggemar MTB, yang sebenarnya cukup dekat dari kawasan selatan Jakarta dan tangerang mungkin dikarenakan akses jalan untuk mencapai kawasan ini yang cukup sulit dikarenakan jalan yang rusak terutama dari arah keluar tol BSD II melintasi jalan raya rumpin yang rusak, Namun ada satu akses yang cukup layak  menuju kawasan ini melalui pasar parung  melewati jalan raya H.mawi parung-ciseeng  lalu melintasi jalan H.USA ke arah Rumpin.



Foto.8 Danau di tengah perkebunan teh Cirangsad

Kawasan sisi timur sungai Cisadane mememiliki kontur elevasi yang relative landai, dan karakter lintasan  yang bervariasi seperti padang savanna di kawasan gunung sindur, lembah sungai cisadane dengan menyusuri dari arah serpong sampai dengan rumpin, perkebunan dan ladang penduduk, perkampungan yang masih asri dan beberapa setu yang bisa di kunjungi.


Foto.9  Lintasan di tepian danau Quary

Lintasan-lintasan rute di Kawasan ini telah banyak dikenal oleh para penggemar MTB terutama yang menyenangi lintasan cross country untuk level,variasi karakter medan lintasan dan jarak tempuhnya tinggal di kombinasikan. Titik start yang paling dekat untuk melintasi kawasan ini para goweser mengawali dari arah Sawangan,BSD/Serpong dan Pamulang.



Foto.10  Susur sungai cisadane di kawasan mekarsari




Foto.11 Lintasan melewati perkebunan singkong kawasan Ciseeng

Banyak spot-spot yang menarik untuk di kunjungi  atau pun sekedar melintasinya di rute lintasan bersepeda MTB di kawasan bogor barat, seperti danau baik danau-danau buatan maupun danau alami, hutan tropis yg masih terjaga, lembah sungai ,perkebunan penduduk dan perbukitan. Mungkin timbul di benak para penggemar MTB yang ingin menjelajahi kawasan ini  seperti dimana titik start,finish serta area titik kumpul atau parkir kendaraan bagi yang loading dari rumah, lintasan atau rute-rute mana saja yang dapat di di jelajahi di kawasan ini  , destinasi apa saja yang menjadi tujuannya, dan karakter lintasan & sepeda yang cocok untuk menjelajahinya, yang akan di bahas pada tulisan selanjutnya.



Foto.12 Lintasan savana di kawasan Cidokom Batu Tapak Parung




Foto.13 Kawasan hutan di perbukitan gunung penunggangan antara desa penunggangan dengan desa rahong di bawahnya


Foto.14 Pesawahan di kawasan Jampang tepian sungai Cisadane

Untuk tulisan pertama ini sekedar menginfokan link map yang bisa di unduh file GPX nya, info lebih detailnya untuk masing-masing rute akan di buat tulisan tersendiri yang berisikan review tentang kondisi rute tersebut. Berikut beberapa peta rute lintasan yang langsung terhubung dengan website map sehingga bisa diunduh file GPX dengan nara sumber dari penulis. Rute bersepeda MTB bogor utara / barat laut  kawasan Sawangan,Gunung sindur, Ciseeng,Parung dan sekitarnya, Untuk rute-rute lainnya akan di infokan di penulisan selanjutnya.


Dari wikoloc  :

1. Rute Gunung Peyek




pemandian air panas Gunung peyek


Powered by Wikiloc

2. Rute Sawangan-saung ikan cere (trek wader)



Lintasan tepian sungai cisadane kampung Anamui rute iwa wader/cere


Powered by Wikiloc

Comments

Popular posts from this blog

"PESONA CISADANE” RUTE BERSEPEDA MTB KAWASAN BOGOR BARAT PART XI

"CIRANGSAD PLATEAU ANTI MAINSTREAM TRACK” RUTE BERSEPEDA MTB KAWASAN BOGOR BARAT PART VIII

"...ADA GOA??...” RUTE BERSEPEDA MTB KAWASAN BOGOR BARAT PART X

"XC NUANSA DANAU” RUTE BERSEPEDA MTB KAWASAN BOGOR BARAT PART IX

"EPISODE GOBANG " RUTE BERSEPEDA MTB KAWASAN BOGOR BARAT PART V

“EPISODE CURUG DENDENG” RUTE BERSEPEDA MTB KAWASAN BOGOR BARAT PART VII

GUNUNG PINANG BIKIN MERIANG#TRACK DH0-DH1-DH2-DH RUMPUT#KILAS BALIK GOBAR eFeR 03.09.16

X-COUNTRY WISATA SISI UTARA TAMAN NASIONAL GUNUNG CIREMAI

"EPISODE XC GUNUNG MUNARA " RUTE XC MTB KAWASAN BOGOR BARAT PART IV