“EPISODE DANAU QUARY” RUTE BERSEPEDA MTB KAWASAN BOGOR BARAT PART VI




Alam Indonesia tak akan berhenti memberikan pesona keindahannya, seperti halnya danau Quary yang terdapat di wilayah bogor barat, asal mulanya danau ini terbentuk dikarenakan ulah manusia juga dalam meng ekspoitasi sumber daya alam, danau ini sebelumnya tempat pertambangan batu atas pengelolaan PT Jayamix untuk material campuran beton. Hingga terhentinya aktifitas pertambangan di area ini mengakibatkan bekas galian tambang terisi air secara alami baik dari hujan maupun mata air yg muncul akibat penggalian.



Foto-1 panorama dari puncak bukit sisi utara

Dengan warna air kehijauan membuat panorama danau tampak indah,sehingga menjadi daya tarik traveler yang dating berkunjung. Ada area tertentu di kawasan danau ini bisa untuk berenang yg terletak dekat dengan warung, demi keselamatan selain di area yg telah di tentukan dilarang berenang karena kedalaman danaunya.


Foto-2 Panorama danau dari area depan warung

Kembali untuk menyambung penulisan untuk rute-rute bersepeda MTB di kawasan bogor barat ke-6 ini di khususkan membahas rute yg membawa kita ke danau quary dengan karakter cross country yang kental saat melintasinya.
Sebenarnya ada rute termudah untuk mencapai danau quary dengan melintasi jalan raya, namun kondisi jalan rayanya tidak bagus bila hujan jalan akan sangat becek dan berlumpur , bila musim panas akan berdebu. Dikarenakan merupakan jalan pertambangan dan akan sering berpapasan dengan truck-truck besar.


Foto-3 lintasan ke arah tebing selatan danau

Bila meninginkan rute jalan raya dari Pasar parung mengarah ke Ciseeng lanjut ke pertigaan Rumpin belok kanan mengarah ke kampung sawah, dari sana ikuti jalan pertambangan hingga di temukan papan nama PT Lotus SG. Mungkin rute jalan raya ini tidak begitu menarik bagi penggemar sepeda cross country di karenakan kondisi dan suasana saat melintasi.


Foto-4 lintasan aspal ke arah desa bincarung

Dalam tulisan ini ada beberapa rute alternatif untuk mencapai ke danau Quary saat menuju kesana, sedangkan untuk rute pulang bisa melintasi jalan raya guna mempersingkat waktu. Rutenya merupakan lintasan natural yang melewati antar perkampungan  ,kebun dan hutan. Karakter lintasan yang komplet dapat dirasakan saat menjelajahi rute alternative ini ini dari lintasan uphiil dari yang ringan sampai dengan yang kejam, lintasan downhill (bukan yg lulumpatan) yang lumayan panjang saat menuruni perbukitan dan on road rolling, dengan lintasan dominan offroad,single track  & jalan belum jadi.


Foto-5 lintasan selepas desa bincarung

Ada dua rute yg bisa dilintasi dimana start dan finish di kawasan nyuncung, untuk mencapai nyuncung dapat di kombinasikan beberapa rute ke Gunung Munara baik melintasi tepian cisadane/rute susur cisadane maupun via gunung Sindur guna menikmati lintasan XC yg panjang untuk ke arah nyuncung yg dapat di lihat di beberapa tulisan rute bersepeda MTB di kawasan Bogor Barat sebelumnya.

Berikut beberapa rutenya :




Biru rute Danau Quary Via Desa Bincarung
Merah rute Danau Quary Via Desa Cilangkap/penanggungan
Kuning rute Danau Quary Via Desa Bincarung (rute via perkampungan)

1. Danau Quary Via Desa Bincarung 22,8km





Foto-6 lintasan di tengah desa Bincarung

Rute danau quary rute terpendek melalui desa Bincarung di atas bukit, dengan lintasan uphill yang asyk dilewati dan pemandangan lepas ke perbukitan, selepas desa bincarung ada dua lintasan yg bisa di lalui melalui hutan dengan single trek turunan karakter AM atau melalui perkampungan.


Powered by Wikiloc


2. Danau Quary Via Desa Cilangkap/penanggungan




Foto-7  lintasan perbukitan dari desa Cilangkap menuju desa Rahong

Rute danau quary rute terpanjang melalui desa Cilangkap/Penanggungan yang sebelumnya melintasi beberapa bukit,selepas desa Cilangkap menuju desa rahong merupakan lintasan turunan panjang dengan karakter singletrack melintasi tepian tebing dan berada di tengah hutan. selepas desa rahong untuk mencapai danau quary melintasi tanjakan satu bukit lagi. 


Powered by Wikiloc

Kedua rute di atas untuk rute pulang melewati rute yang sama dengan jalur onroad untuk menuju nyuncung, cukup terpana juga kita bila melintasi kawasan ini terutama di jalan tambang melihat kondisi alam yang rusak,terutama di kawasan perbukitan bagian utara rumpin ini, jangan lupa membawa masker/tutup hidung bila sebelumnya tidak turun hujan di karenakan debu bila ada kendaraan yg melintas, untuk waktu yg cocok guna menghindari banyaknya truck yang lewat bisa di hari sabtu & minggu terutama menjelang sore untuk melintasi jalan pertambangannya. 


Foto-4 kondisi jalan pertambangan 

Untuk kawasan selatan perbukitan ini lumayan terjaga alamnya hanya ada beberapa titik pertambangan emas rakyat, rute area selatan akan di bahas di tulisan berikutnya.

Comments

Popular posts from this blog

Rute MTB kawasan Bogor Barat Part I

"PESONA CISADANE” RUTE BERSEPEDA MTB KAWASAN BOGOR BARAT PART XI

"CIRANGSAD PLATEAU ANTI MAINSTREAM TRACK” RUTE BERSEPEDA MTB KAWASAN BOGOR BARAT PART VIII

"...ADA GOA??...” RUTE BERSEPEDA MTB KAWASAN BOGOR BARAT PART X

"XC NUANSA DANAU” RUTE BERSEPEDA MTB KAWASAN BOGOR BARAT PART IX

"EPISODE GOBANG " RUTE BERSEPEDA MTB KAWASAN BOGOR BARAT PART V

“EPISODE CURUG DENDENG” RUTE BERSEPEDA MTB KAWASAN BOGOR BARAT PART VII

GUNUNG PINANG BIKIN MERIANG#TRACK DH0-DH1-DH2-DH RUMPUT#KILAS BALIK GOBAR eFeR 03.09.16

X-COUNTRY WISATA SISI UTARA TAMAN NASIONAL GUNUNG CIREMAI

"EPISODE XC GUNUNG MUNARA " RUTE XC MTB KAWASAN BOGOR BARAT PART IV